4 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin



Manusia diciptakan untuk menjadi seorang pemimpin di muka bumi ini, tapi tidak semua orang dapat menjadi pemimpin, karena sebagian orang hanya bisa merusak dan tidak bisa memberikan sesuatu yang berguna di bumi ini.
seperti sebagaimana allah berfirman dalam Al Qur'an surat al baqarah ayat 30 :

"Ingatlah ketika allah befiman kepada para malaikat : "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah(pemimpin) di muka bumi ini." Mereka berkata :"Mengapa engkau hendak menjadikan khalifah(pemimpin) di muka bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau ?" Tuhan berfirman :"Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Oleh karena itu kita dituntut untuk bisa menjadi seorang pemimpin dan membangun suatu bangsa yang lebih baik lagi dari sekarang ini dan bisa membuat perubahan diatas dunia.

Menjadi pemimpin bukanlah suatu perkara yang mudah oleh karena itu kita harus memiliki 4 karakter utama yaitu :


Berani
Berani disini kita harus berani dalam segala aspek yaitu berani dalam mengambil keputusan, mengapa? karena ketika kita menjadi pemimpin mungkin kita akan diberi pilihan yang berat bagi kita, tapi kita harus memilih salah satunya tidak bisa memilih keduanya, oleh sebab itu diperlukan lah keberanian dalam mengambil keputusan.


Bertanggung Jawab
Bertanggung jawab juga memiliki peranan yang penting, karena menjadi seorang pemimpin selalu punya tanggung jawab yang besar dalam mengatur sesuatunya, termasuk dalam masalah masalah yang menimpa dirinya, seorang pemimpin harus bertanggung jawab dalam menangani masalah-masalah yang terjadi.

Amanah (Dapat Dipercaya)
Hal yang paling berat dari seorang pemimpin yaitu ketika ia diberi kepercayaan dalam pemimpin,mengapa? karena sampai sekarang banyak pejabat-pejabat yang ketika di beri kepercayaan malah mengecewakan orang yang telah mempercayakan dirinya, contohnya dengan ia melakukan korupsi sama saja ia mengambil hak orang banyak, oleh karena itu jika kamu menjadi pemimpin jagalah kepercayaan orang sebaik-baiknya.

Komunikasi Yang Baik
Pemimpin juga diharuskan untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan anggotanya maupun dengan orang lain, karena dengan komunikasi yang baik dapat terbangun kerjasama dan rasa saling percaya. terhadap anggotanya. 


Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi pemimpin yang baik yang sesuai dengan 4 hal utama dalam menjadi seorang pemimpin.

Pesan terakhir dari saya jadilah pemimpin yang dapat menjawab kepercayaan orang dengan cara berikan perubahan yang nyata bukan hanya dalam perkataan. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat merubah suatu bangsa dengan kepemimpinan yang lebih baik.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "4 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top
4 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin - Hadian Rahmat Site