Konferensi Asia-Afrika (KAA)

Assalamualaikum Wr.Wb
Nah sekarang bertepatan dengan 60 tahun  KAA yang akan di selenggarakan di Bandung dan Jakarta yang berlangsung dari tanggal 19-24 April 2015, dan puncaknya akan digelar di Bandung pada tanggal 24, nah ada kabar gembira untuk warga Bandung karena pada tanggal 24 tepatnya hari jum'at semua sekolah,perusahaan,kantor,mal akan diliburkan, horeeee.

Bagi yang belum tau apa sih KAA itu, saya akan menjelaskannya, jadi simak dengan baik-baik.


Konferensi Asia-Afrika (KAA)

Konferensi Asia-Afrika adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika. KAA juga diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar, Sri Lanka, India dan Pakistan dan dikordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia yaitu Sunario. pertemuan ini berlangsung antara 18-24 April 1955 , yag diselenggrakan di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negar Imperialis lainnya.

Sebanyak 29 negara yang mewakili lebih dari setengah total penduduk dunia pada saat itu mengirimkan wakilnya. konferensi ini juga merefleksikan apa yang mereka pandang sebagai ketidak inginan kekuatan-kekuatan barat untuk mengkonsultasikan  dengan mereka tentang keputusan-keputusan yan mempengaruhi asia pada masa perang dingin , kekhawatiran mereka mengenai ketegangan antara Republik Rakyat Tiongkok dan Amerika Serikat, keinginan mereka untuk membentangkan fondasi bagi hubungan yang damai antara Tiongkok dengan mereka dan pihak Barat, dan penentangan terhadap kolonialisme, serta keinginan Indonesia untuk mempromosikan hak mereka dalam pertentangan dengan belanda mengenai Irian Barat.

Latar belakang terjadinya KAA :

  1. Secara Geografis letaknya berdekatan dan salig melengkapi satu sama lain
  2. Meningkatnya kesadaran berbangsa yang dimotori oleh golongan elite nasional
  3. Adanya perang dingin antara blok barat dengan blok timur
  4. Memiliki pokok-pokok yang kuat dalam hal bangsa, agama, dan budaya

Tujuan KAA :

  1. Memajukan kerja sama bangsa di Asia-Afrika dalam hal sosial, agama, politik , dan budaya
  2. Memberantas diskriminasi terhadap suku dan ras suatu bangsa
  3. Memberikan peranan besar negara Asia-Afrika terhadap perdamain dunia 


Konferensi ini akhirnya membawa kepada terbentuknya gerakan non-blok pada 1961


Pertemuan ke 3 KAA (2015)

pada pertemuan ini sebanyak 72 negara akan dipastikan hadir pada KAA, yang diselenggarakan di Bandung dan Jakarta, tema KAA ini sendri merujuk pada Peningkatan Kerja Sama Negara-Negara Di Kawasan Selatan, Kesehjateraan, Serta Perdamaian.
Dan pada pertemuan ini juga Indonesia akan membahas soal Palestina, yang menginginkan negara tersebut bisa merdeka, Indonesia juga akan menggalang dukungan penuh terhadap kemerdekaan Palestina dan bisa masuk menjadi anggota PBB, karena hal ini, mendukung bagi kemerdekaan suatu bangsa, merupakan komitmen indonesia sejak di proklamasikan sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Oleh sebab itu mari kita sukseskan KAA ketiga ini dengan menjaga nama baik negara, khususnya kota Bandung dan Jakarta bawalah nama baik Indonesia di mata dunia dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekitat, serta jagalah keamanan dan ketertiban. 

Terimakasih, Semoga artikel ini dapat bermafaat bagi pembacanya


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Konferensi Asia-Afrika (KAA)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top
Konferensi Asia-Afrika (KAA) - Hadian Rahmat Site